Wednesday, October 3, 2012

Bule-Bule Belajar Membatik di IBC



KAJEN, Perayaan hari batik di Kabupaten Pekalongan hari ini diwarnai dengan kedatangan belasan bule ke International Batik Center and Craft (IBC&Craft), Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.
Para bule yang datang dari Jerman, Belanda, Perancis dan Rusia itu sengaja datang tepat pada perayaan hari batik nasional untuk belajar membatik.
Kedatangan para bule itu menarik perhatian para pengunjung yang hari ini memadati IBC&C. Didampingi Konsultan Representatif IBC&C Robert Antonis, mereka berjalan-jalan mengelilingi pusat perbelanjaan dan wisata batik itu.
Mereka melihat-lihat area pameran batik nusantara kemudian berbelanja ke kios-kios batik yang ada. Setelah puas berjalan-jalan mereka kemudian belajar membatik.
Para bule itu dilatih menggambar pola, kemudian dilanjutkan dengan menorehkan malam atau lilin melalui canting dan  dilanjutkan dengan mewarnai batik. Cuaca panas sepertinya tak menghalangi semangat para bule itu. Mereka terlihat serius belajar membatik.Workshop yang menjadi tempat berlatih membatik itu dipenuhi oleh pengunjung yang mengelilingi para bule yang sedang serius membatik.
Ann Sophie Nassal, salah seorang bule asal Jerman mengaku senang sekali bisa langsung belajar tentang membatik. Namun dia kaget ternyata membuat batik itu sulit.
Robert Antonis kepada Suara Merdeka mengatakan, para bule itu sengaja diundang untuk ikut merayakan dan memeriahkan hari batik nasional di IBC&Craft.

0 komentar :

Post a Comment