Saturday, April 28, 2012

Profil Singkat Legenda Chelsea: Gianluca Vialli

Gianluca Vialli ... Nama yang tidak asing di dunia sepak bola bukan? Ya, dia adalah salah satu legenda Chelsea kesukaan gwe, favorit gwe, CINTA GWE!!! Lo HOMO?! BUKAN!!! Gwe cinta Vialli bukan dalam arti kayak gitu. Maksudnya gwe bener-bener mengagumi dia. Tentu saja mengagumi dia dalam masalah sepak bola. Lo jangan pada mikir yang aneh-aneh dong! Gwe gak mungkin suka dalam tanda kutip ke dia, karena gwe suka dalam tanda kutipnya ke Di Matteo. WHAT?!!! Oke-oke udah dulu bercandanya. Langsung masuk ke benang merah.

Di sini bakalan gwe beberin secara singkat mengenai salah satu legenda Chelsea, yang juga salah satu legenda sepak bola kesukaan gwe itu. Iya Gianluca Vialli. Sosok pemain sepak bola yang terlihat mantap dan memiliki kecepatan dan skill individu yang sangat tinggi. Mungkin banyak juga di antara teman-teman yang menjadi fans berat seorang Gianluca Vialli. Iya kayak gwe ini. Tapi bukan fans sejati namanya kalau nggak tau profil apalagi biodata dan foto Gianluca Vialli . Mau tau selengkapnya? simak ulasannya berikut ini:




Gianluca Vialli (lahir 9 Juli 1964; umur 48 tahun) adalah mantan pemain sepak bola berkebangsaan Italia. Dia pernah bermain di klub utamanya seperti Cremonese, Sampdoria, Juventus, dan Chelsea.
Di timnas Italia, dia bermain 59 kali dan mencetak 16 gol.

Vialli memulai karirnya di Cremonese pada tahun 1980 dan ia tampil di liga sebanyak 105 kali, dan mencetak 23 gol. Penampilannya yang mengesankan membuat Sampdoria merekrutnya pada tahun 1984. Selama bermain di Sampdoria, dia mencetak 85 gol di liga, memenangkan 3 Copa Italia, Serie A dan Piala Eropa. Vialli ditransfer ke Juventus dengan memecakan rekor dunia £ 12.500.000 pada tahun 1992. Selama itu ia memenangkan Piala Italia, Serie A, Italia Supercup, UEFA Liga Champions dan Piala UEFA. Pada tahun 1996 Vialli bergabung dengan Chelsea dan menjadi pemain sekaligus manajer Chelsea musim berikutnya. Nah inilah yang bikin gwe sangat sangat dan SANGAT mengagumi Vialli. Dia menjadi pemain, dan merangkap sebagai manajer. Hebat bukan? Dan kehebatannya sebagai aktor ganda itu terbukti dengan memenangkan Piala FA, Piala Liga, Piala UEFA Cup dan Piala Super UEFA. SUPPPEEEERRRRRR!!! Dia adalah salah satu dari sembilan pemain yang telah memenangkan tiga kompetisi utama klub Eropa dan merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah sepakbola Eropa yang menjuarai dan meraih runner up di tiga kompetisi klub utama Eropa.

Vialli menggantikan Gullit yang dipecat dari kursi pelatih Chelsea pada bulan Februari 1998 dan dia ditunjuk sebagai pemain-manager. Waktu itu Chelsea sudah di semifinal Piala Coca Cola dan perempat final Piala Eropa, dan kemudian memenangkan kedua kompetisi tersebut di bawah Vialli, serta finishing ke-4 di Liga Premier. Musim berikutnya Chelsea memenangkan Piala Super Eropa dengan mengalahkan Real Madrid 1-0, dan selesai di peringkat 3 di Liga Premier, hanya empat poin di belakang sang juara Manchester United. Ini merupakan pencapaian tertinggi Chelsea di liga sejak 1970. Vialli membuat penampilan terakhir kompetitif-nya untuk Chelsea dengan melawan Derby County di akhir musim (di pertandingan ini ia mencetak gol). Ia menyelesaikan karirnya di Chelsea dengan 83 penampilan dan 40 gol.

Full name :Gianluca Vialli
Date of birth :9 July 1964 (age 46)
Place of birth :Cremona, Italy
Height :1.80 m (5 ft 11 in)
Playing position :Striker

Years Team Apps (Goals)
1980–1984 Cremonese 105 (23)
1984–1992 Sampdoria 223 (85)
1992–1996 Juventus 102 (38)
1996–1999 Chelsea 58 (21)

National
1985–1992 Italy 59 (16)

0 komentar :

Post a Comment